Berita

CEGAH PENYAKIT KRONIS, SISWA-SISWI SMP NEGERI 1 KANDEMAN DILAKUKAN PENGECEKAN GULA DARAH

Spensaka.Net  Untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menghindari penyakit yang berbahaya Siswa-siswi SMP Negeri 1 Kandeman dilakukan pemeriksaan kesehatan, yang meliputi pengecekan Hb, pemeriksaan gula darah sewaktu (gds), pemeriksaan kejiwaaan dan pemberian obat penambahn darah. Kegiatan pemeriksaan dan pengecekan dipimpin langsung oleh Dr. Ening Yohana Kepala Puskesmas Kec. Kandeman Kab. Batang beserta timnya di Aula dan Lab. IPA. Dalam kesempatan itu Dr. Ening Yohana menyampaikan pentingnya menjaga kesehatan tubuh

“Anak-anak penting menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari stunting, apa stunting itu?,  Stunting adalah gagal tumbuh dan berkembang oleh karena kekurangan gizi kronis pada 1000 Hari Pertama Kehidupan ( HPK), 0 hari/masih di kandungan sampai 2 tahun, stunting juga masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak. Selain itu stunting menjadi salah satu penyebab tinggi badan anak terhambat, sehingga lebih rendah dibandingkan anak-anak seusianya, oleh karena itu pemeriksaan dan pengecekan gula darah dapat mencegah sedini mungkin agar terhindar dari stunting,“ Tuturnya, di Laboraturium IPA SMP Negeri 1 Kandeman Senin (9/1)

Pengecekan dan pemeriksaan kesehatan dikhususkan siswa-siswi SMP Negeri 1 Kandeman kelas VII dan IX

“Siswa-siswi yang mengikuti pemeriksaan dan pengecekan  kesehatan hari ini adalah kelas VII dan IX,  untuk membantu pihak puskesmas melakukan diagnosis penyakit siswa-siswi kami terlebih dahulu mereka mengisi form kesehatan yang disediakan  oleh pihak puskesmas serta membawa identitas riwayah hidup berupa fotokopi KK (Kartu Keluarga), kemudian akan dipanggil satu persatu, kami menyiakan dua tempat Aula dan Lab. IPA supaya memudahkan dalam pelayanan kepada siswa,” Jelasnya Ibu Kusniasih, S.Pd. selaku Urusan Kesiswaan

Untuk membantu kelancaran dan kesuksesan selama kegiatan pengecekan dan pemeriksaan kesehatan dari SMP Negeri 1 Kandeman dibantu oleh Pembina PMR (Palang Merah Remaja) Bapak Wiyono dan Ibu Hj. Khikmah Arifatul , S.Pd.,

Agar kita memahami tentang Gula darah telah redaksi rangkum dari Aidohealt, menurutnya, kadar gula darah normal berdasarkan usia penting diketahui karena kelebihan gula darah dapat menyebabkan penyakit diabetes melitus sehingga membutuhkan serangkaian pengobatan bagi penderitanya. Mari cari tahu kadar gula darah normal berdasarkan usia dan dampaknya melalui pembahasan di bawah ini.

Apa Itu Gula Darah?

Dalam ilmu kedokteran, gula darah adalah istilah yang mengacu pada tinggi rendahnya glukosa di dalam darah. Glukosa dibutuhkan sebagai sumber utama energi bagi sel-sel di dalam tubuh. Konsentrasi kadar glukosa di dalam tubuh diatur ketat agar kadarnya normal oleh hormon insulin. Meski begitu, kadar gula darah yang melebihi batas normal akan mengakibatkan tubuh kelebihan kadar glukosa.

Dampak Kelebihan Kadar Glukosa

Menurut para ahli, kelebihan kadar glukosa merupakan penyebab utama sejumlah penyakit kronis seperti diabetes tipe 2. Berikut beragam dampak kelebihan kadar glukosa bagi tubuh yang penting Anda ketahui, di antaranya:

Berat Badan Meningkat

Salah satu dampak kelebihan kadar glukosa di dalam tubuh ialah berat badan meningkat sehingga memicu obesitas. Beragam pemicunya berasal dari makanan dan minuman yang dimaniskan seperti soda, jus, teh manis, dan fruktosa. Ini karena fruktosa berdampak pada resistensi leptin, yaitu hormon yang berfungsi untuk mengatur rasa lapar di dalam tubuh.

Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Meningkatkan risiko penyakit jantung merupakan dampak dari kelebihan kadar glukosa di dalam tubuh. Ini karena glukosa dapat mengakibatkan lemak di dalam tubuh mengendap dan menyumbat arteri. Menurut beberapa penelitian yang dilakukan pada 300.000 orang, sekitar 17-21% kalori dan tambahan gula dapat menimbulkan 38% risiko meninggal dunia akibat penyakit jantung.

Penyakit Diabetes Tipe 2

Dampak kelebihan kadar gula darah normal di dalam tubuh yang tidak kalah berbahaya ialah penyakit diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 merupakan kondisi di mana kadar gula darah melebihi batas normal sehingga mengakibatkan resistensi hormon insulin. Pada diabetes tipe 2, hormon insulin tidak dapat bekerja secara normal sehingga kinerja sel menjadi terhambat karena tidak mendapat pasokan energi.

Mempercepat Penuaan Kulit

Dampak kelebihan kadar glukosa di dalam tubuh ialah mempercepat penuaan kulit seperti munculnya kerutan. Ini karena adanya reaksi senyawa yang dibentuk oleh gula dan protein di dalam tubuh. Salah satu penyebabnya ialah konsumsi makanan yang tinggi akan karbohidrat dan gula sehingga menimbulkan produksi AGE yang dapat merusak kolagen dan elastin.

Kadar Gula Darah Normal Berdasarkan Usia

Menjaga kadar gula darah di dalam tubuh merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan untuk menghindari beragam penyakit kronis seperti diabetes, gagal jantung dan lainnya, lalu berapa kadar gula darah normal berdasarkan usia? Mengutip dari anlene.com bahwa tidak ada angka pasti untuk menentukan kadar gula darah normal, tapi rentang batas normal dapat dijadikan patokan oleh Anda. Berikut rentang kadar gula darah normal berdasarkan usia:

Usia Kurang dari 6 Tahun

Kadar gula darah normal untuk anak yang berusia kurang dari 6 tahun ialah antara 100 hingga 200 mg/dL. Adapun kadar gula darah ketika puasa kurang lebih 100 mg/dL sedangkan kadar gula darah setelah makan dan sebelum tidur kurang lebih 200 mg/ dL.

Usia 6 hingga 12 Tahun

Kadar gula darah normal di dalam tubuh untuk rentang usia 6 hingga 12 tahun ialah 70-150 mg/dL. Adapun kadar gula darah saat puasa kurang lebih 70 mg/dL sedangkan kadar gula darah setelah makan dan sebelum tidur kurang lebih 150mg/dL.

Usia 12 Tahun ke Atas

Kadar gula darah normal untuk usia 12 tahun ke atas ialah kurang dari 100 mg/dL sedangkan kadar gula darah saat puasa ialah 70 hingga 130 mg/dL. Adapun kadar gula darah sebelum makan ialah kurang dari 180 mg/dL dan sebelum tidur antara 100 hingga 140 mg/dL.

Kadar gula darah normal berdasarkan usia penting diketahui agar Anda dapat memantau berapa kadar gula darah seharusnya dari waktu ke waktu atau dalam beberapa kondisi tertentu sebab kadar gula darah yang tidak terkontrol dapat menimbulkan beragam masalah kesehatan.



Suhirman (Spensaka.net)

RUANG KONSULTASI


Artikel

PELANTIKAN PENGURUS OSIS 2019/2020


Pencarian

PENGUMUMAN KELULUSAN

PPDB ONLINE