Berita

Metode Komunikatif untuk Pembelajaran Siswa Aktif

Metode Komunikatif untuk Pembelajaran Siswa Aktif

Oleh: Wahyu Mardhiyana Putra

Pembelajaran merupakan hal terpenting untuk kelangsungan pendidikan. Keberhasilan dalam dunia pendidikan untuk membangun suatu pendidikan yang berkualitas dan berkarakter tidak lepas dari peran pembelajaran di bangku sekolah. Pentingnya pembelajaran yang berkualitas dalam perkembangan pendidikan yaitu untuk mencerdaskan kemampuan peserta didik dalam berbagai bidang, khususnya bidang pembelajaran bahasa Indonesia. Namun, pembelajaran bahasa Indonesia masih sering diremehkan sehingga kurang mendapatkan perhatian khusus dari guru bahasa Indonesia yang berakibat pada rendahnya kemampuan siswa terhadap pelajaran bahasa Indonesia. Padahal, pelajaran bahasa Indonesia merupakan pelajaran yang berkarakter tinggi untuk membentuk kualitas berbahasa Indonesia para peserta didik. Faktanya, pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah belum mencapai suatu titik yang optimal dan masih tergolong berkualitas rendah, sehingga memerlukan suatu pembaharuan guna untuk mengembangkan keterampilan dan kompetensi berbahasa siswa.

Kondisi pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah sekarang masih bersifat statis dan belum mengalami perkembangan yang signifikan. Hal itu karena rendahnya minat dan motivasi para guru bahasa Indonesia diberbagai jenjang sekolah untuk mengembangkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia. Pada kenyataannya, orientasi pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah tidak mendorong untuk meningkatkan ketrampilan berbahasa siswa ataupun mengembangkan kompetensi berbahasa siswa, tetapi hanya untuk memenuhi tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa. Kebanyakan guru masih tidak peduli akan pentingnya bahasa Indonesia dalam menunjang pembentukan karakter dan ketrampilan berbahasa siswa. Sehingga mereka dalam pembelajarannya pun masih bersifat teoretis, belum mencapai tahap pengaplikasiannya. Padahal, aplikasi pembelajaran bahasa Indonesia dari teori yang telah diberikan merupakan hal terpenting karena itu akan membentuk ketrampilan berbahasa siswa. Dalam pengajarannya guru hanya menggunakan metode ceramah dan siswa hanya duduk manis mendengarkan, sehingga hal tersebut tidak lah efisien bahkan hanya membuat siswa bosan dan tidak akan membuat siswa terpikat dengan pembelajaran bahasa Indonesia. Padahal, dalam suatu pembelajaran harus lah terjalin pembelajaran yang komunikatif diantara guru dan siswa. Maka dari itu, dibutuhkan suatu metode sebagai solusi alternatif untuk pembaharuan dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu dengan menggunakan metode komunikatif.

Dari berbagai metode dalam pembelajaran bahasa, metode komunikatif adalah metode yang tepat digunakan. Metode komunikatif salah satu metode yang tepat untuk mengembangkan kompetensi dan ketrampilan berbahasa siswa. Tujuan dari penggunaan metode komunikatif dalam pembelajaran bahasa yaitu membentuk kemampuan komunikatif siswa dalam menggunakan bahasa Indonesia yang mencakup empat ketrampilan, baik menyimak, membaca, menulis, maupun berbicara. Artinya, melalui berbagai kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan mampu menguasai kemampun berkomunikasi dengan bahasa Indonesia, baik secara lisan-tulisan, maupun situasi resmi-tidak resmi. Metode komunikatif dapat menunjang keaktifan siswa dalam suatu pembelajaran, karena ciri utama dari metode komunikatif yaitu adanya kegiatan interaksi sosial dan kegiatan komunikasi fungsional. Jadi, dalam suatu pembelajaran guru dituntut harus kreatif dalam menyiapkan bahan ajar maupun materi yang akan diberikan kepada siswa. Materi harus disusun sebagai pendukung usaha meningkatkan kemahiran berbahasa siswa dalam komunikasi nyata. Materi tersebut harus mampu mendorong siswa menerapkan keterampilan berbahasa. Dengan materi yang telah disusun sedemikian rupa oleh guru. Maka akan terjadi interaksi nyata antara guru dengan siswa maupun antar siswa yang satu dengan siswa yang lain. Kegiatan yang diberikan guru harus sesuai dengan situasi komunikasi nyata dan kegiatan yang sifatnya nyata, seperti tukar menukar informasi, dialog singkat yang sering ditemukan siswa dalam kehidupan sehari-hari, tanya jawab, pemberian tugas rumah, dan pelaksanaan evaluasi untuk menukur penguasaan bahasa secara komunikatif.

Metode komunikatif membuat siswa aktif dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Guru yang secara kreatif menyajikan materi dalam pembelajaran dengan berbagai fariasi pengajaran akan menarik perhatian siswa. Sehingga, siswa aktif dalam berbagai kegiatan untuk meningkatkan kompetensi berbahasa. Siswa tidak hanya menguasai bentuk-bentuk bahasa, tetapi juga bentuk dan maknanya dalam kaitannya dengan konteks pemakaian yang nyata. Dengan demikian, akan tercipta suasana pembelajaran yang menyenangkan dan siswa dapat belajar bahasa Indonesia yang menyenangkan pula. Setelah tercipta pembelajaran bahasa yang menyenangkan, maka tujuan pembelajaran bahasa yang digunakan untuk mengembangkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dalam kompetensi dan performansi komunikatif akan tercapai dan terlaksana dengan baik, sejalan dengan perkembangan kemampuan berbahasa siswa. Maka dari itu, metode komunikatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia sangatlah penting untuk dipahami dan diaplikasikan dalam pembelajaran karena pembelajaran bahasa Indonesia akan lebih bermakna dengan penggunaan metode komunikatif. Selain itu siswa akan lebih memahami makna komunikatif yang nyata dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya dalam mempelajari empat keterampilan berbahasa.

 

RUANG KONSULTASI


Artikel

PELANTIKAN PENGURUS OSIS 2019/2020


Pencarian

PENGUMUMAN KELULUSAN

PPDB ONLINE